Laporkan Masalah

Pengaruh Food Reminder Card terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Penerapan Pola Makan Gizi Seimbang pada Anak SD Negeri Lempuyangwangi Yogyakarta

ERNIS ASANTI, Nurul Huda Syamsiatun, S.SiT, M.Kes;A. Fahmy Arif Tsani, S.Gz., M.Sc, Dietisien

2015 | Skripsi | GIZI KESEHATAN

Latar Belakang: Di Indonesia masalah gizi lebih dan gizi kurang pada anak-anak masih belum dapat teratasi. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi asupan gizi anak adalah adanya kegiatan pendidikan atau promosi gizi di sekolah. Akan tetapi, kegiatan promosi kesehatan di sekolah masih belum dilakukan secara optimal. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh food reminder card sebagai media promosi kesehatan terhadap pengetahuan, sikap, dan penerapan pola makan gizi seimbang pada anak SD Negeri Lempuyangwangi Yogyakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi. Rancangan penelitian ini menggunakan satu grup dengan pre test dan post test. Sebanyak 42 anak kelas IV SD diberi food reminder card selama satu minggu, kemudian dilihat perbedaan antara pengetahuan, sikap, dan pola makan sebelum dan setelah pemberian food reminder card. Penilaian pengetahuan dan sikap dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Sedangkan penilaian pola makan dilakukan dengan blended instrumen, yakni record assised recall 24h selama 3 hari untuk melihat tingkat pemenuhan gizi dibandingkan dengan AKG. Hasil Penelitian: Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan (p<0,05) pada pengetahuan subjek penelitian setelah pemberian food reminder card. Akan tetapi, tidak terdapat peningkatan yang signifikan (p>0,05) pada sikap subjek penelitian setelah pemberian food reminder card. Selain itu, pada pola makan yang dilihat dari tingkat pemenuhan gizi dibandingkan dengan AKG untuk energi, protein, karbohidrat, dan lemak juga tidak terdapat perubahan yang signifikan (p>0,05) antara sebelum dan setelah pemberian food reminder card. Kesimpulan: Terdapat pengaruh food reminder card terhadap peningkatan pengetahuan subjek penelitian. Akan tetapi tidak disertai dengan peningkatan sikap dan penerapan pola makan gizi seimbang dilihat dari tingkat pemenuhan gizi dibandingkan dengan AKG untuk energi, protein, karbohidrat, dan lemak.

Background: Indonesia still has unsolved problems, they are underweight and overweight in children. One thing that can affect nutrition intake of children is health education or promotion at school. Unfortunately, health promotion at school still can not be optimized. Objective: This objective of this study is to test the effect of food reminder card as health promotion media towards knowledge, attitude, and balance nutrition food pattern at Lempuyangwangi Yogyakarta elementary school students. Design: This study is a quasi experimental study with one group with pre and post test design. 42-students in fourth grade were given food reminder card for a week, and then the difference of their knowledge, attitude, and balance nutrition food pattern were analyzed before and after given food reminder card. The evaluation of knowledge and attitude used questionnaire. Whereas, the evaluation of food pattern was done with blended instrument, that is record assisted recall 24h for 3 days to see their nutrition intake compared with recommended dietary allowance (RDA). Results: The result of this study shows that there is significantly increasing of knowledge (p<0,05) after given by food reminder card. But, there is not significantly increasing of attitude (p<0,05) after given by food reminder card. Moreover, for food pattern that shown by nutrition intake compared with RDA for calories, protein, carbohydrate, and lipid also shown that there is not significantly difference (p<0,05) after given by food reminder card. Conclusion: There is effect of food reminder card on knowledge. But, it is not followed by increasing of attitude and application of balance nutrition food pattern that shown by nutrition intake compared with RDA for calories, protein, carbohydrate, and lipid.

Kata Kunci : Kata kunci: food reminder card, anak sekolah, pengetahuan, sikap, pola makan.

  1. S1-2015-317250-abstract.pdf  
  2. S1-2015-317250-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-317250-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-317250-title.pdf