Laporkan Masalah

Efektivitas Penggunaan Mind Map dalam Pembelajaran Terhadap Efikasi Diri Matematika

GITA AULIA NURANI, Prof. Dr. Asmadi Alsa, S.U.

2015 | Tesis | S2 Psikologi Profesi

Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui pengaruh penggunaan metode mind map dalam meningkatkan efikasi diri siswa kelas VII SMP pada pelajaran Matematika. Rancangan penelitian menggunakan desain eksperimen kuasi the untreated control group design with dependent pretest and postest using double pretest. Subjek penelitian terdiri dari 18 siswa pada kelompok eksperimen dan 17 siswa pada kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri Matematika. Setelah lima tahap intervensi mind map dilakukan, subjek pada kelompok eksperimen menunjukkan perubahan skor efikasi diri Matematika yang signifikan dari pretest ke posttest. Kelompok kontrol tidak mengalami perubahan signifikan. Metode belajar mind map yang digunakan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan efikasi diri Matematika sebesar 57,4%.

The purpose of this study was to determine the effect of mind map intervention to improve mathematical self-efficacy in 7th grade students. A quasi-experimental design, with the untreated control group design with dependent pretest and posttest using double pretest, was applied in the research. The subjects were 18 students of experimental group and 17 students of control group. The data were collected using mathematical self-efficacy scale. The result indicated that mathematical self-efficacy of experimental group was higher than control group after mind map intervention. The mind map method contributes to 57,4% of mathematical self-efficacy.

Kata Kunci : Efikasi Diri Matematika, Mind Map, Pembelajaran