Laporkan Masalah

Bisnis Penerbitan Buku pada Era Digital di Indonesia (Studi Kasus Strategi Penerbit Mizan Menghadapi Era Digitalisasi Penerbitan Buku Periode 2013-2014)

Indah Pratiwi, Dr. Phil. Ana Nadhya Abrar, M.E.S.

2014 | Tesis | S2 Ilmu Politik/Ilmu Komunikasi

Penerbitan digital mulai berkembang di Indonesia seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, eBook (buku elektronik) atau disebut juga buku digital merupakan salah satu aspek dari penerbitan digital, mulai digemari sejalan dengan penggunaan telepon pintar atau tablet yang sudah diakomodasi oleh aplikasi eBook Reader (perangkat lunak untuk membaca buku elektronik). Karena penggunaanya yang praktis, maka penikmat buku sudah mulai bergeser membaca eBook, hal ini membuat penerbit buku-buku cetak harus mencari cara agar bisa memenuhi kebuutuhan pembaca di era digital jika ingin terus meningkatkan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang dilakukan Mizan menghadapi era digitalisasi dalam industri penerbitan buku dengan menggunakan metode studi kasus sebagai metode penelitian dengan jenis penelitian deskriptif untuk mendiskripsikan strategi Mizan menghadapi tantangan lingkungan eksternal perusahaan yang paling dominan, yakni digitalisasi di industri penerbitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mizan sesuai dengan pendekatan lima kekuatan kompetitif industri dan strategi umum Michael E. Porter yang digunakan dalam penelitian ini, melakukan strategi diferensiasi, keunggulan biaya, dan juga fokus di dalam unit bisnis baru mereka yaitu Mizan Digital Publishing. Membuka lini baru khusus dalam penerbitan digital ini, merupakan respon cepat Mizan menjawab era digitalisasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam menjawab tantangan digitalisasi penerbitan Mizan sudah bisa dikatakan cukup siap, tetapi walau telah melakukan tiga strategi umum Porter, namun secara keseluruhan strategi yang mereka lakukan belum bisa dikatakan maksimal, karena industri penerbitan merupakan sebuah industri kreatif, inovasi yang mereka lakukan masih dengan mudah diikuti oleh para pesaing serta kesiapan teknologi yang belum memadai.

Digital publishing began to develop in Indonesia, as the development of information and communication technology, eBooks (electronic books) or also known as a digital book is one aspect of digital publishing, starting preferably in line with the use of a smart phone or tablet that has been accommodated by the eBook Reader application (software for reading electronic books). Because practical in using, the book lovers have started there is a shift to read eBooks, this makes the printed book publishers must find a new way to meet readers in the digital age need in case of existance in industry publishing. This study aims to describe and analyze the strategies undertaken by Mizan facing era of digitization in the book publishing industry using the case study as a research method with descriptive research to describe Mizan strategies to meet the challenges of the external environment as the most dominant challenge in book publishing industry. The results showed that the Balance in accordance with the approach of the five competitive forces and industry Michael E. Porter's general strategy used in this study, do the strategies of differentiation, cost advantage, and also focus on the new business unit, named the Mizan Digital Publishing. Open a new line of specialized in digital publishing, is a rapid response Mizan answer digitization era. The conclusion of this research is the challenge of digitizing Mizan publishing can already be quite ready, but despite having done three general strategies Porter, but the overall strategy is to say they do not yet maximal, because the publishing industry is a creative industry, there is always relentless inovation.Strategy and innovation that they do still be easily followed by the competitors as well as the readiness of the technology that has notadequate yet.

Kata Kunci : bisnis penerbitan, buku digital, Mizan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.