0.05). Conclusion: family palliative cancer patients have a high level of satisfaction with the services of palliative care in RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta."> 0.05). Conclusion: family palliative cancer patients have a high level of satisfaction with the services of palliative care in RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.">
Laporkan Masalah

GAMBARAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN KANKER PALIATIF TERHADAP PELAYANAN PERAWATAN PALIATIF DI RSUP DR. SARDJITO YOGYAKARTA

MEILIANA NURUL WIJAYANTI, Martina Shinta K.S.Kep., Ns.,M.N.

2014 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN

Latar Belakang: perawatan paliatif adalah pendekatan yang meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga dalam menghadapi masalah terkait dengan penyakit mengancam jiwa. Kepuasan keluarga merupakan salah satu indikator penting tercapainya perawatan paliatif yang efektif oleh karena itu, mengukur kepuasan keluarga terhadap perawatan menjadi hal yang penting dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan. Tujuan: untuk mengetahui gambaran kepuasan keluarga pasien kanker paliatif terhadap pelayanan perawatan paliatif di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Metode: merupakan penelitian deskriptif cross sectional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta pada bulan April-Juni 2014 sebanyak 33 responden. Kepuasan keluarga diukur menggunakan Famcare scale dan analisis data menggunakan deskriptif numerik dan katagorik serta uji beda dilakukan menggunakan unpaired t-test, mann whitney dan one-way anova. Hasil: pada penelitian ini, sebanyak 66,7%-100% kepuasan pada kategori “sangat puas” dan “puas”. Keluarga memiliki kepuasan tertinggi terhadap subskala perawatan psikososial (mean 1,82±0,30). ‘Cara dokter melakukan pemeriksaan terhadap keluhan pasien’ merupakan item pertanyaan dengan tingkat kepuasan tertinggi sebanyak 42,4% keluarga merasa sangat puas sedangkan, ‘kemudahan mendapatkan kamar rawat inap’ sebanyak 3% responden memilih nilai 5 yang mengindikasikan bahwa responden tidak puas. Pada penelitian ini ditemukan tidak ada perbedaan yang bermakna antara data demografi responden dan pasien dengan tingkat kepuasan keluarga (p>0,05). Kesimpulan: Keluarga pasien kanker paliatif memiliki tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pelayanan perawatan paliatif di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Background: Palliative care is an approach that improves the quality of life of patients and families in dealing with problems associated with life-threatening illness. Family satisfaction is one important indicator of the achievement of effective palliative care. Therefore, measuring family satisfaction to be important treatments performed by a health care provider. Objective: to describe family satisfaction of palliative cancer patients to palliative care services in RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta Method: a cross sectional descriptive study using a quantitative approach undertaken in Dr. Sardjito April-June 2014 a total of 33 respondents. Family satisfaction was measured using Famcare scale and numerical data analysis using descriptive and categorical and different test performed using the unpaired t-test, Mann Whitney and one-way ANOVA. Result: in this study, 66.7% -100% satisfaction in the category of \\"very satisfied\\" and \\"satisfied\\". Families have the highest satisfaction subscale of the psychosocial treatment (mean 1.82 ± 0.30). 'How doctors conduct an examination of the patient's complaints' is a question items with the highest satisfaction rates as much as 42.4% while the family was very satisfied, 'ease of getting inpatient room' as much as 3% of respondents chose a value of 5 which indicates that the respondents are not satisfied. This study found no significant differences between the demographic data of respondents and patients with levels of family satisfaction (p> 0.05). Conclusion: family palliative cancer patients have a high level of satisfaction with the services of palliative care in RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Kata Kunci : perawatan paliatif, kepuasan keluarga, Famcare scale


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.