Laporkan Masalah

PERANCANGAN ASRAMA MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET DENGAN PENDEKATAN ECOCULTURE DESIGN

Fransisca Maya Damayanti, Diananta Pramitasari, S.T., M.Eng., Ph.D.

2019 | Skripsi | S1 ARSITEKTUR

Asrama merupakan salah satu bentuk akomodasi yang bisa digunakan oleh mahasiswa sebagai sarana untuk tempat tinggal, belajar, bersosialisasi, dan melakukan berbagai hal yang menjadi potensi yang dapat mengembangkan dirinya. Asrama UNS dipilih menjadi objek dalam perancangan ini karena berdasarkan uji kelayakan asrama ini masuk kedalam kategori perlu perbaikan. Surakarta merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki potensi yang cukup banyak di dalamnya. Pemerintah memiliki visi untuk mengembangkan kotanya menjadi kota dengan prinsip ecoculture yang terdiri dari pinsip-prinsip urban ecology, cultural heritage, local economy, dan structure for growth. Prinsip ini akan menjadi landasan untuk desain pra rancangan bangunan asrama ini agar seturut dengan visi pemerintah membawa setiap elemen bangunan Kota Surakarta menggunakan prinsip ecoculture. Berdasarkan latar belakang dan isu permasalahan yang telah disebutkan diatas, konsep yang akan dipadukan dalam perancangan asrama ini adalah konsep Co-Integrated. Integrasi dalam kawasan ini merupakan integrasi dari pola-pola aktivitas dalam asrama dan masyarakat sekitar kawasan dan integrasi visi-misi pengembangan Kota Surakarta dan Universitas Sebelas Maret. Perpaduan ini menjawab rumusan masalah mengenai optimalisasi perancangan dalam mendukung pengembangan Kota Surakarta.

Dormitory is an accommodation that can be used by students to live,to study, to socialize, and to do various thing that can be develop themselves. UNS's dormitory was selected to be the object in this design project because based on the feasibility test the dorm needs fix Surakarta is one of the city in Central Java that has so many potential. The Government has a vision to develop this city with the ecoculture principles consists of urban ecology, cultural heritage, local economy, and structure for growth. This principle will be the foundation for the pre-design building in accordance with the government's vision to bring every building element using ecoculture principle. Based on background and issue above, the concept in this dormitory design is Co-Integrated concept. Integration in this area is integration of activities in the dormitory and communities around the area, Surakarta's 'city vision', and Universitas Sebelas Maret's vision. This combination answered the formulation of problems regarding the optimization of the design in supporting the development of Surakarta.

Kata Kunci : asrama, ecoculture, urban ecology, cultural heritage, local economy, structure for growth/dormitory, ecoculture, urban ecology, cultural heritage,structure for growth

  1. S1-2019-379871-abstract.pdf  
  2. S1-2019-379871-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-379871-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-379871-title.pdf