Laporkan Masalah

ANALISIS POTENSI WISATA TAMAN PENDIDIKAN PANAS BUMI LAHENDONG SEBAGAI DESTINASI GEOWISATA DI KOTA TOMOHON, SULAWESI UTARA

ALDINA YEBELANNY, Yulita Kusuma Sari, S.T., M.Sc.

2019 | Skripsi | S1 PARIWISATA

Panas bumi sebagai sumber daya alam kegiatan vulkanisme menjadi energi andalan yang potensial. Energi panas bumi yang ramah lingkungan dan terbarukan ini mampu mendukung permintaan listrik dan dapat menjadi daya tarik wisata untuk mempelajari lebih lanjut mengenai potensi alam. Lokasi penelitian ini terletak di lokasi panas bumi Taman Pendidikan Panas Bumi Lahendong, Danau Linow, manifestasi panas bumi yang terintegrasi ke perusahaan pengelola panas bumi, dan Geothermal Education Center di Lahendong, Sulawesi Utara. Penelitian ini berfokus pada potensi wisata di lokasi tersebut. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan studi literatur. Penelitian ini menganalisis potensi wisata yang terdiri dari atraksi wisata yang disesuaikan dengan aspek alami maupun buatan manusia, aksesibilitas, amenitas, dan kelembagaannya. Hasil penelitian ini menyajikan analisis aktivitas panas bumi di Taman Pendidikan Panas Bumi Lahendong sebagai potensi daya tarik geowisata dan telah teridentifikasi kendala yang ada di masyarakat. Keindahan situs panas bumi adalah sebuah keunikan dan membutuhkan perlakuan khusus agar objek wisata ini menjadi bagian dari pusat pembelajaran publik dan menjadi lapangan penelitian untuk keperluan pendidikan.

Geothermal as natural resources of volcanism activities become the potential mainstay energy. This environmentally friendly and renewable geothermal energy is able to support electricity demand and could be a tourist attraction to learn more about the natural potential. The field of this research is located in thermal field at Taman Pendidikan Panas Bumi Lahendong, Lake Linow, thermal manifestations that intergrated to geothermal enterprise, and Geothermal Education Center in Lahendong, North Sulawesi. This research focuses on tourism potential in the field. The method in this research is descriptive qualitative. Data collected by observation, interview, and literature study. This research analyze tourism attractions that are contained to natural and man-made aspects, accesibility, amenity, and ancillary The result of this research presents the analysis that geothermal activity in Taman Pendidikan Panas Bumi Lahendong as geotourism attraction and identify the obstacles in the community. The beauty of geothermal site is unique and requires special treatment for the attractions to become part of the center of public learning and become a research field for educational purposes.

Kata Kunci : Geowisata, Daya Tarik, Panas Bumi, Potensi Wisata.

  1. S1-2019-365059-abstract.pdf  
  2. S1-2019-365059-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-365059-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-365059-title.pdf