Laporkan Masalah

Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Image Sekolah Dengan Motivasi Belajar Siswa

TIARA VISSANASTRI, Amrizal Rustam, Drs., S.U., Psikolog

2018 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap image sekolah dengan motivasi belajar. Dalam penelitian ini, motivasi belajar sebagai variabel dependen dan persepsi siswa terhadap image sekolah sebagai variabel independennya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara persepsi siswa terhadap image sekolah dengan motivasi belajar. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 10 Sleman khususnya siswa kelas VIII.C dan VIII.D yang berjumlah 61 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala motivasi belajar yang disusun berdasarkan ciri-ciri siswa dengan motivasi belajar yang tinggi yang dikemukakan oleh Sardiman (2011) dan skala persepsi siswa terhadap image sekolah yang disusun berdasarkan aspek-aspek persepsi siswa terhadap image sekolah yang dikemukakan oleh Maamarah & Supramono (2016). Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap image sekolah dengan motivasi belajar (rxy = 0,292; p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Persepsi siswa terhadap image sekolah memberikan sumbangan efektif sebesar 8,6 % terhadap motivasi belajar (R2 = 0,086).

The aim of this study is to find out the relation between student's perception of school's image and learning motivation, with learning motivation as dependent variable and student's perception of school's image as independent variable. The hypothesis of this study is that there is a positive relationship between student's perception of school's image and learning motivation. Participants of this study were 61 students at MTs Negeri 10 Sleman, especially VIIIth grader students in class C and D. This research used Learning Motivation scale arranged from characteristics of student with high learning motivation by Sardiman (2011) and Student's Perception of School's Image scale arranged from student's perception of school's image's aspects by Maamarah and Supramono (2016), as instruments to measure learning motivation and student's perception of school's image. Product Moment correlation by Pearson was used to analyzed participants' data. The result of the study showed that there's significantly positive relation between student's perception of school's image and learning motivation (rxy = 0.292; p < 0.05). Therefore, hypothesis in this study is accepted. The effective contributions of student's perception of school's image to learning motivation is 8.6 % (R2 = 0.086).

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Persepsi Siswa, Image Sekolah


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.