Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING PT MULTI WIRA MANDIRI DALAM INDUSTRI PERTAHANAN DI INDONESIA

AMADEUS ERWIN PRADANA, Bambang Riyanto L.S., Prof., Dr., MBA., Ak., CA

2017 | Tesis | S2 Manajemen

PT. Multi Wira Mandiri (MWM) sebagai perusahaan yang bergerak pada industri pertahanan di Indonesia belumlah menerapkan strategi yang optimal untuk meningkatkan kemampuan bersaing, yang antara lain dari angka penjualan. Ini berarti bahwa strategi PT MWM dalam melakukan aktivitas bisnis belum sesuai dengan kebutuhan perusahaan terutama dalam meraih angka penjualan yang optimal, untuk pada gilirannya menghasilkan profit yang maksimal pula bagi PT MWM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat analisis deskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan PT Multi Wira Mandiri khususnya dilihat dari strategi keunggulan bersaing. Untuk data yang bersumber dari hasil wawancara, sedangkan data sekunder yang berupa data kualitatif dilakukan rekapitulasi untuk memudahkan proses interprestasi data, kemudian hasil wawancara dan data kualitatif tersebut dianalisis secara deskriptif dengan mengacu kepada konsep kerangka analisis yang telah dibuat. Hasil kajian dilanjutkan dengan analisis SWOT untuk akhirnya menetapkan strategi yang tepat sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal yang dihadapi oleh PT MWM. Berdasarkan evaluasi faktor internal diketahui bahwa yang menjadi kekuatan kunci dari PT MWM adalah pengalaman dan jaringan bisnis yang luas, kemampuan keuangan yang sangat mencukupi dan sistem di organisasi dan pengelolaan SDM. Berdasarkan evaluasi faktor eksternal diketahui bahwa yang menjadi peluang berdasarkan aspek politik, ekonomi, sosial dan teknologi. Berdasarkan posisi strategis dan matriks SWOT, PT MWM dirasa perlu untuk melakukan diversifikasi strategi yang berhubungan dengan peningkatan market share, penjualan dan keuntungan, pengembangan produk-produk di industri pertahanan, pengembangan fasilitas dan infrastruktur, pengembangan sistem organisasi, strategi dalam berhubungan dengan pemerintah dan pengembangan fungsi penelitian dan pengembangan.

PT. Multi Wira Mandiri (MWM) as a company engaged in the defense industry in Indonesia has not yet implement the optimal strategy. This means that the strategy of PT MWM in conducting business activities not in accordance with the needs of companies, especially in achieving optimal sales figures, to in turn generate maximum profit also for PT MWM. This research use qualitative and descriptive analysis. Descriptive study aimed to describe or depict the state of PT Multi Wira Mandiri in terms of the competitive advantage strategy. For data sourced from interviews, while secondary data in the form of qualitative data will be made recapitulation to facilitate the interpretation of data, then the results of interviews and qualitative data were analyzed descriptively, with reference to the concept framework of analysis that has been created. The results of the study followed by a SWOT analysis, to finally set the right strategy in accordance with the conditions of internal and external environment faced by PT MWM. Based on the evaluation of internal factors which become known that a key strength of PT MWM is experience and extensive business network, financial capability is sufficient and system in the organization and management of human resources. Based on the evaluation of external factors known that a source of opportunities based on the political, economic, social and technological. Based on the position and Strategic SWOT Matrix, PT MWM is necessary to diversify the strategies associated with an increase in market share, sales and profits, the development of products in the defense industry, the development of facilities and infrastructure, system development organization, strategies in dealing with the government and development research and development functions.

Kata Kunci : Keywords: Strength, Weakness, Opportunity, Threat, Competitive Advantage