Laporkan Masalah

ANALISIS INTERFACE MANAGEMENT PADA PEMBANGUNAN FASILITAS PRODUKSI OIL AND GAS TOTAL E&P INDONESIE

WIRAJAYA, Fahmy Radhi, M.B.A, Ph.D

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Setiap aktivitas proyek melibatkan berbagai stakeholder, yang dipengaruhi oleh lokasi dan lingkungan kerja, dan hal tersebut memerlukan kerjasama yang baik selama proses dan kegiatan proyek berlangsung. Integrasi aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan satu sama lain. Interface manajemen yang baik sangatlah dibutuhkan dan menjadi salah satu faktor kesuksesan proyek. Tujuan penelitian adalah menganalisa penerapan Interface Management dalam Proyek SMK3, mengidentifikasikan faktor-faktor yang mendukung dan risiko-risiko dalam Interface Management proyek SMK3 dan sekaligus merumuskan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan faktor-faktor yang mendukung dan meminimalkan risiko-risiko kegagalan suatu proyek sehingga dapat diterapkan di proyek berikutnya. Dimana hasil penerapan Interface Management Proyek SMK3 yang baik dapat memberikan hasil yang baik dan berkelanjutan. Pengawasan dan pengendalian yang inten dan berkesinambungan serta Continues Improvement yang selalu dilakukan disetiap tahapan proyek, mitigasi dan action yang terarah pada akhirnya memberikan hasil yang maksimal.

Every project involve various stakeholder which affected by work location and environment, and good coordination is required during proccess and project activities. Due to various activities is integrated and has a link with one another. Therefore, good Interface Management is strongly required and become one of the succesfull factors for the project. This research is to analize the implementation of the Interface Management SMK3 project, identifying contributed factors and risks, also to summaries the way forward which can optimize the contributed factors and all project risk could be reduced.The result could be applied for the next project. Proper implementation of Interface management SMK3 project was delivered the good result and sustainability. Closely and regularely Monitored and Controlled, Continuous Improvement, mitigation and effective act which implemented at every stage of the project also contributed the maximum result.

Kata Kunci : komimen, Identifikasi Risiko & Mitigasi lebih awal dan berkelanjutan disetiap tahapan proeyk, Continues improvement, pengawasan & pengendalian yang efektif serta komunikasi & koordinasi yang efektif.