Laporkan Masalah

ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7C TERHADAP PRODUK PANGAN MEREK MY HEARTBEAT SECARA ONLINE DI YOGYAKARTA

GADING GAHARUNNI, Novita Erma Kristanti, STP.,MP.; Arita Dewi Nugrahini, STP., MT.

2017 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Perubahan gaya hidup dan berkembangnya teknologi semakin memberikan peluang bagi pengusaha dari segala bidang untuk memperluas pasar dan berinovasi di dunia perdagangan. Hal ini dilakukan juga oleh Ibu Rininta Hanum yang memilih memasarkan bisnis produk pangan merek My Heartbeat yang dikelolanya melalui jalur pemasaran online. Penelitian analisis pemasaran online produk pangan My Heartbeat menggunakan metode bauran pemasaran 7C yaitu Context, Content, Community, Customization, Communication, Connection dan Commerce dengan alasan jalur pemasaran yang digunakan tidak konvensional melainkan melalui jejaring media sosial di internet. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pertama, nilai korelasi product-moment tiap-tiap atribut positif dan signifikan dengan skor tertinggi dihasilkan oleh atribut Content sebesar 0,895. Kedua, hasil regresi linier berganda menyatakan bahwa atribut Context dan Commerce memiliki hubungan atau kontribusi terbesar terhadap atribut Content, sedangkan Communication dan Community memiliki kontribusi terkecil. Prediksi peningkatan atribut Content (Y) apabila nilai atribut C yang lain naik satu (1) satuan adalah sebesar 3,018 satuan. Kesimpulan, terdapat keterkaitan antaratribut bauran pemasaran 7C terhadap produk My Heartbeat secara positif dan signifikan. Konteks media sosial dan transaksi pembelian memiliki hubungan tertinggi dalam kaitannya dengan isi laman Instagram My Heartbeat. Sedangkan untuk proses komunikasi dan komunitas masih kurang. Maka dari itu, disarankan agar komunikasi dengan pelanggan dan komunitas untuk wadah para pelanggan berinteraksi agar diperbaiki dan ditingkatkan.

The change of life style and the highly growing of technology give opportunity to businessman in every area to expand the market and innovate the trading field. This is also happening to Ibu Rininta Hanum who chooses to market her food and beverage product My Heartbeat into an online marketing. This online marketing analysis research is using the 7C marketing mix method, which consists of Context, Content, Community, Customization, Communication, Connection and Commerce, because of the marketing way the owner takes is not conventional but through social media networks on internet. Therefore results of this research are, the product-moment correlation scores of each attribute are all positive and significance. Highest score is obtained from Content attribute with 0,895. Using multiple linear regression analysis, its known that Context and Commerce have the highest contribution to Content, meanwhile Communication and Community are the lowest. The prediction score of the Content (Y) if the other Cs value is added by one (1) point is 3,018 points high. The conclusions are, there is an exact, positive and significance link between the marketing mix 7C attributes and the product of My Heartbeat. Context of the social media and e-commerce are the most important links to the content attribute as looked in My Heartbeat Instagram account. Meanwhile, owner has to put more focus into the communication towards the consumers and try to improve the community part for consumers to have interaction with each others.

Kata Kunci : bauran pemasaran, pemasaran online, 7C, media sosial/ marketing mix, online marketing, social media

  1. S1-2017-300081-abstract.pdf  
  2. S1-2017-300081-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-300081-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-300081-title.pdf